Template by:
Free Blog Templates

Jumat, 03 Juni 2011

CARA MENGATASI KEJENUHAN

Penuh pasti ada saat kita sedang melakukan pekerjaan rutin yang tidak ada henti-hentinya. Dari bangun pagi sampai malam kerjanya itu-itu saja. Kadang beberapa dari kita terjebak di ruangan 4 x 4 dengan komputer di depan dipaksa rekap data, menghitung, menulis, seharian.
Ada beberapa cara mengatasi jenuh, dari yang biasa saja sampai yang nyeleneh, supaya penatnya bekerja tidak terlalu terasa, tapi juga tidak merugikan siapapun termasuk diri kita sendiri….
Pilih salah satu, semoga membantu saat waktu terasa sedikit :
• Carilah TV, nonton acara lucu sebentar. Tidak ada? akses video-video lucu. Yang bisa bikin tertawa, dengan begitu beban lepas sebentar dan tidak membuat kecanduan yang dapat membuang waktu.
• Lakukan gerakan ini : berdiri dari tempat duduk – membungkuk dan sentuhkan kelingking kaki kiri dengan kelingking kanan, sembari kelingking masih menempel, sentuh jari manis tangan kanan ke jari manis kaki kiri dst sampai jempol dan angkat tangan kiri, lakukan sebaliknya pada kaki kanan. Setelah itu, lakukan gerakan mencucu dan tersenyum lebar sambil meregangkan tangan kebelakang. Lakukan ini berulang selama 5 kali.
• Punya kamera di hp atau laptop? Saatnya action. Keluarkan muka-muka aneh. Dari yang eksotik sampai yang nerd. Seekspresif mungkin. Kalau perlu bikin videonya dengan volume 0% agar orang di samping bilik Anda tidak terganggu, setelah itu lihat kembali foto-foto itu. Kalau perlu tunjukkan pada teman kerja Anda betapa Anda berbakat jadi model kamera pribadi. Jangan lupa dihapus kalau ga mau jadi aib.
• Jalan-jalan. Keluar dari bilik, berjalanlah ke sudut kantor sampai ke sudut satunya lagi. Cobalah ingat-ingat nama semua orang yang Anda temui di kantor, balaslah atau tersenyum duluan jika bertatap muka.
• Telepon. Pacar, suami/istri, anak atau orang tua. Lakukan selama 5 – 10 menit, menanyakan apakah sudah makan siang, masak apa untuk malam nanti, apa rencananya hari ini. Tanya hal kecil yang mereka sukai.
Kadang seseorang dapat melewatkan waktu saat jenuh dengan hal-hal yang membuang waktu seperti main game, melihat situs porno, bergosip atau ngemil. Bagaimana dengan keuntungan yang kita dapat saat meluangkan sedikit waktu? Itu juga harus diperhitungkan.
Klise memang, tapi apa salahnya melakukan kegiatan yang tidak merugikan diri sendiri dan orang lain untuk menghilangkan jenuh?

CARA MENGHILANGKAN KEJENUHAN DI TEMPAT KERJA
Pernah mengalami kejenuhan di tempat kerja anda? hmm..berikut adalah beberapa tips yang 100% original dari gw
ganti warna dinding ruang kerja anda
Pakailah warna2 cerah dan ceria misal pink, hijau atau ungu, atau kalo mau perubahan yang lebih ekstrim, bisa dicat dengan warna hitam
ganti benda-benda yang ada
Misalnya mengganti komputer dengan mesin jahit, atau printer dengan mesin cuci
pakai seragam/baju yang berbeda dari yang biasa anda pakai
sekali-kali pergilah kekantor dengan menggunakan baju daerah. Selain bisa memberikan suasana baru, juga dapat menunjukan rasa kecintaan terhadap bangsa dan tanah air
tukeran kerjaan
cobalah untuk sekali-kali bertukar pekerjaan dengan orang sekantor yang menurut anda pekerjaannya lebih menarik dibandingkan anda, misalnya bertukar kerjaan dengan tukang parkir atau satpam kantor atau bisa juga dengan atasan anda (kalo dia mau..)
pindah letak meja kerja
anda bisa coba letakkan meja kerja anda di tempat parkir, toilet atau bahkan kantin, dan suasana baru pun akan menjadi milik anda!
ganti cara anda menuju ke tempat kerja
terbiasa menggunakan kendaraan? cobalah pergi kekantor dengan berjalan kaki, atau merayap ala spiderman dijamin anda akan menemukan suasana baru!
melakukan hobi disela2 waktu kerja
misalnya mengetik sambil memasak, atau membuat laporan sambil menulis “tips menghilangkan kejenuhan di tempat kerja” untuk diposting di blog seperti yang sedang sayah lakukan saat ini
Peringatan!
Bila kejenuhan tidak hilang2 selama 30 hari terhitung dari sekarang, segera hubungi atasan anda untuk minta dipindah tugaskan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar