Template by:
Free Blog Templates

Rabu, 15 Juni 2011

Super AMOLED dari Samsung

Ponsel pertama yang menggunakan layar ini adalah Samsung S8500 Wave, yang diperkenalkan saat pameran Mobile World Congress 2010 di Barcelona. Selain karena mengusung teknologi baru pada layarnya, ponsel ini ditanami Bada OS, sistem operasi terbaru dari Samsung. Kedua poin ini membuatnya menjadi salah satu ponsel yang ditunggu-ditunggu kehadirannya.


Dijuluki Super AMOLED, karena teknologi layar ini menjanjikan kenyamanan "super" bagi pengguna ponsel, dibanding layar ponsel lain yang pernah kita lihat selama ini. Lantas, apa sih kelebihan layar Super AMOLED, yang membuatnya ditunggu-tunggu para penggemar gadget?
Sebelum meluncurkan ponsel tersebut ke pasaran, Samsung baru-baru ini merilis sebuah video promo yang menujukkan kelebihan teknologi layarnya itu. Tidak seperti layar sentuh AMOLED biasa, layar Super AMOLED tidak memerlukan lapisan layar sentuh yang terpisah, karena layar sentuhnya sudah built-in.


Dengan kelebihan itu, layar Super AMOLED memungkinkan respon yang lebih cepat ketika pengguna mengoperasikan ponsel lewat layar sentuhnya. Disamping itu, layar akan mengurangi refleksi cahaya, serta warna-warna yang ditampilkan akan ditingkatkan. Lapisan layar yang telah ditiadakan itu juga memungkinan tampilan lebih jernih.

Selain berkonsentrasi memproduksi dan memasarkan smartphone juga komputer tablet, kini sepertinya Samsung tengah menggenjot salah satu produknya yang dipercaya sebagai pemicu naiknya permintaan smartphone dan tablet yang mereka keluarkan.
Produk itu berupa Super AMOLED display yang saat ini tengah mengalami lonjakan permintaan sangat tajam. Kabar terbaru bahkan menyebutkan bahwa Samsung saat ini telah berhasil mencapai laba tertinggi dibanding semua produsen ponsel di dunia. Disebutkan bahwa angka penjualan produk Samsung telah mencapai $900 juta. Angka penjualan sebesar itu ditengarai dipicu oleh banyaknya konsumen yang tertarik pada Super AMOLED display yang diterapkan pada smartphone Galaxy S Class.
Sampai saat ini Samsung mampu memproduksi sekitar 3 juta AMOLED per bulan. Pada musim produksi Mei 2011, diharapkan Samsung akan bisa memproduksi 30 juta AMOLED per bulan.
Layar sentuh AMOLED ini diciptakan oleh Samsung dan akan digunakan pada komputer tablet mereka yang terbaru berupa tablet 7 inci yang kemungkinan merupakan generasi kedua dari Galaxy Tab.


Pada pameran CES 2011 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat, Samsung menampilkan beberapa buah ponsel unggulannya dan banyak perangkat ponsel yang masih belum memiliki nama, berbeda dengan model yang diberi nama seperti Thunderbolt atau Bionic, ponsel ini hanya memiliki identifikasi dari modelnya yaitu SCH-i520.
Ponsel ini merupakan sebuah ponsel yang disebut dengan “Samsung 4G LTE Smartphone” dan secara resmi akan hadir untuk jaringan Verizon. Terlepas dari apa nama ponsel tersebut, ini merupakan sebuah ponsel yang cukup mumpuni karena memiliki layar berukuran 4,3 inci dengan teknoogi layar Super AMOLED Plus, diotaki dengan prosesor 1GHz, kamera 8 megapiksel dibagian belakang, dan kamera depan 1,3 megapiksel, ponsel ini menggunakan sistem operasi Android 2.2 Froyo.
Layar Super AMOLED Plus sebagai teknologi yang diusung oleh ponsel ini cukup bagus dan terang, dan ini teknologi layar terbaru yang memiliki tampilan dan performa yang lebih baik dibanding teknologi AMOLED sebelumnya, ponsel ini memiliki layar berukuran 4,3 inci dengan resolusi 480 x 854 piksel, layar ini memiliki 50% sub-piksel yang telah direduksi sehingga memiliki tampilan yang lebih rapat dan tajam.


Ponsel ini memiliki bentuk yang sangat elegan dengan balutan casing yang dibuat glossy, dengan dimensi yang terlihat agak kecil dan tipis. Selain itu ponsel ini memiliki port HDMI dan menampilkan beberapa tombol fisik Android. Dan yang membuat ponsel ini begitu spesial adalah adanya kemampuan untuk terhubung dengan jaringan 4G karena itu ponsel SCH-i520 ini disebut dengan nama”Samsung 4G LTE Smartphone”. Rencananya ponsel ini memang akan dihadirkan di jaringan 4G milik Verizon.
Belum ada kabar tentang kapan ponsel ini akan dirilis ke pasaran dan kemungkinan besar ponsel ini juga akan bisa diupdate ke Android 2.3 jika memang telah tersedia.
Samsung i997 Infuse 4G datang untuk meneruskan Samsung i897 Captivate dan merupakan upgrade yang signifikan dengan layar yang lebih besar dan CPU lebih cepat. Tidak hanya Samsung i997 Infuse 4G memperbesar ukuran layar menjadi 4,5 inci , tetapi juga memperkenalkan teknologi layar Super AMOLED jenis baru yang mengarah kepada kualitas gambar lebih manis dari sebelumnya.
Samsung menyebutnya sebagai Super AMOLED Plus dan mengatakan bahwa hal itu akan menghilangkan matriks Pentile untuk mendukung tata letak Subpiksel RGB konvensional. Menurut perusahaan Korea Selatan tersebut, jenis layar baru ini akan meningkatkan baik kontras dan visibilitas di luar ruangan.
Samsung i997 Infuse 4G juga dilengkapi dengan CPU baru yang lebih cepat yaitu Hummingbird, dengan clock sebesar 1,2 GHz. Handset berjalan pada Android 2.2 (Froyo), meskipun fakta bahwa Gingerbread 2.3 (jahe) telah tersedia untuk bulan sekarang. Kedua kamera juga telah diperbarui dan 4G Infus sekarang sebuah menyertakan kamera 8 megapiksel untuk kamera primer dan sekunder memiliki sensor 1,3 megapiksel.

Dukungan HSPA + tentu ada karena Infuse memang untuk jaringan 4G tapi sayang spesifikasi lain dan harga belum diketahui untuk saat ini.
Samsung Mobile Display (SMD) sedang mengembangkan sebuah layar AMOLED yang tahan banting dan dapat dibengkokkan saat menampilkan video tanpa merusak layar. Prototipe layar ini berukuran sebesar 2.8 inci dan memiliki resolusi 166ppi. Beratnya hanya 0.29g dan tebal hanya 20 mikrometer . Samsung percaya dapat membawa layar AMOLED ini di pasar dunia pada 2012
Layar semacam ini akan berguna terutama pada perangkat smartphone, yang akan membawa tingkatan baru untuk dalam hal ketebalan dan ketahanan serta memungkinkan pengembangan faktor bentuk perangkat baru. SMD berencana untuk memperkenalkan TFT pada panel plastik dan untuk mengganti perlindungan yang ada lembar vinyl dengan film polimida untuk mencegah residu saat cahaya dipancarkan.





sumber :
http://www.tempointeraktif.com/hg/it/2010/03/10/brk,20100310-231520,id.html
http://gadget.gopego.com/full/2010/11/super-amoled-display-kunci-kesuksesan-samsung-di-2010
http://www.beritateknologi.com/video-penjelasan-teknologi-layar-super-amoled-dari-samsung/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar